Good By Semester 7

Tidak terasa sudah menjadi mahasiswa leting tua di kampus, perasaan baru kemarin menikmati indahnya masuk kampus. Namun itulah hidup, terus bergerak kedepan yang tanpa kita sadari semakin tua umur bertambah. Hampir genap 4 tahun ane kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, ada banyak cerita bersama teman-teman. Mungkin final kemarin adalah final terakhir bersama mereka, walau pun ada satu dua orang yang masih mengulang, rasanya akan berbeda suasana apalagi dengan orang yang berbeda, baik dari segi umur maupun dari segi angkatan.

Ah, semester lalu benar-benar melelahkan. Bagaimana tidak matakuliah vidiografi yang melelahkan. Mulai dari pengambilan vidio hingga pengeditan vidio. Namun ketika melihat hasil akhirnya begitu kecewa, karena nilai yang di berikan tidak sebanding dengan kekuatan dan tenaga yang telah di keluarkan untuk menyelesaikannya. Dana yang lebih kecewa lagi yang di nilai adalah kelompok bukan individu. Namun harus tetap menerima, meskipun kecewa di akhir pasti ada hikmah di balik semuanya. Ya tentu hikmahnya mendapat ilmu yang berharga tentang ilmu vidiografi ketika terjun langsung membuat vidionya di tengah masyarakat. Yang membuat lelah dalam menjalani vidiografi adalah ketika harus take gambar, yang kadang meski banyak di ulang hanya pada satu adegan. Dan yang capek adalah ketika menggarap vidio fiksi. Namun yang lebih capek lagi ketika masuk editing. Bayangkan Editor harus bekerja keras membuat vidio yang bagus hanya beberapa hari sebelum di kumpulkan.



Namun mata kuliah yang di pusingkan ketika semester lalu adalah mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi, Karena begitu banyak tugas yang di berikan. Semua tugas berhubungan dengan penelitian. Yang kadang kala ketika fikiran buntu harus mengeluarkan jurus andalan yaitu copy paste. Namun di balik copy paste tersebut juga tidak mendapatkan nilai yang memuaskan, karena sang dosen begitu teliti dalam memeriksa setiap jawaban, ketika di dapati ada yang mirip seperti terdapat pada web tertentu, maka sang dosen langsung menulisnya copy paste dari web tersebut. Namun ada hikmah di balik itu. Karena itu mengajarkan kita jangan terlalu copy paste dari internet tapi copy pastelah dari buku, karena copy paste dari buku di anggap benar oleh kebanyakan dosen.

Namun ada satu mata kuliah lagi yang capek dan memeras otak yaitu mata kuliah Penulisan Kreatif, pada mata kuliah tersebut meski tidak ada final akhir dengan menjawab soal, final yang di berikan hanya menulis karya tulis ilmiah dan karya tulis tersebut harus dipost ke blog. Dan ane pun membuat blog, namun di setiap blog tersebut sudah di tentukan sekitar 9 hingga 10 orang mahasiswa, ke 10 mahasiswa tersebut adalah kelompok yang telah di bagikan sebelumnya yaitu kelompok presentasi yang terdiri dari 5 orang, namun dalam penulisan blog ada dua kelompok yang di gabungkan. Yang meleahkan adalah ketika membuat tulisan semenarik mungkin, Namun ane tidak memiliki kendala dalam mata kuliah ini, karena tulisan yang ane kasih adalah tulisan yang sudah pernah ane buat sebelumnya dan belum pernah ane publis di berbagai media. Tugas tersebut juga sudah pernah ane post beberapa waktu yang lalu di sini.

Meskipun IP dan IPK pada semester 7 yang lalu turun drastis, namun itulah hidup. Karena tidak selamanya kita berada di atas, kadang kala kita juga berada di bawah. Meskipun ane keseringan berada di bawah sih. hehehe :D

Dan Good By semester 7, semoga semester 8 ane lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas akhir :) #Fighting

Share:

0 komentar