Masjid Putih Darussalam, Istiqlal-nya Aceh


Masjid Putih dari Depan
Masjid menjadi ikon yang menarik bila kita berada Aceh, hal ini karena di landasi gelar untuk Aceh sendiri yaitu Aceh Seramoe Mekkah. Jika kita berada di Banda Aceh banyak sekali masjid yang patut kita kunjungi sebagai wisata religi, yang paling terkenal di Aceh adalah masjid raya Baiturrahman, yang memiliki kisah panjang sejak zaman kejayaan Sultan Iskandar Muda. Kali ini ane tidak membahas tentang masjid raya baiturrahman, ane ingin membahas sebuah masjid yang ada di daerah Darussalam kota para pelajar.
Masjid Putih dari arah pintu masuk

Nah, di darussalam sendiri memiliki banyak masjid seperti masjid Jami’ Unsyiah, Masjid Tgk Chik Dilamnyong, Masjid Putih dan masih banyak masjid yang lainnya. Kali ini ane akan membahas tentang masjid putih yang berada dekat dengan bundaran lampu merah darussalam. Dan teman ane menyebut bundaran tersebut sebagai bundarah HI-nya Aceh. Yang namanya masjid selalu identik dengan kegiatan-kegiatan rohani, seperti tempat untuk menambah ilmu agama, shalat, mengaji, zikir, dan lain sebagainya. Dan beberapa bulan yang lalu, ane pernah mendengar tausiah zikir yang di lakukan di masjid ini. benar-benar religius. Selain itu masjid juga digunakan untuk berdiskusi dengan sesam teman.
Masjid Putih dari Sudut Kiri
Bahkan banyak juga mereka menjadikan masjid sebagai tempat istirahat siang, hanya sekedar untuk merehatkan badan di waktu ishoma. Tidak terkecuali Masjid Putih. Memang tidak salah seperti ucapan yang mungkin pernah kita dengar atau ucapkan “masjid adalah tempat yang paling damai, sejuk dan tentram” dan ini juga karena masjid menyediakan kipas angin atau bahkan ada masjid yang menyediakan AC didalamnya. Dan tidak usah repot-repot harus ke ATM pura-pura narik uang, padahal tujuannya ngadem. Heheheehe 

Masjid ini tergolong menarik, karena semua dinding beserta kubahnya bercat putih, maka tak heran banyak mahasiswa menyebutnya Masjid Putih. Masjid ini memiliki satu kubah utama dan 2 kubah kecil, selain itu disamping kiri masjid dibangun sebuah menara. Bila di lihat dari bentuk kubahnya, masjid ini memiliki warna dan bentuk yang sama dengan Masjid Istiqlal Jakarta, maka tak segan ane menyebutnya masjid Istiqlal-nya Aceh. Masjid ini juga bersebelahan dengan sekolah bertaraf Internasional, Fatih Bilingual School Putri. Letak masjid ini pun berhadapan langsung dengan Zakir Kupi, Fantasi Darussalam, Pante Pirak Darussalam dan Indomaret Darussalam. Sehingga untuk yang sedang hangout dengan teman-temannya di warkop (warung kopi) ketika mendengar suara azan bisa langsung menuju kesana hanya dengan berjalan kaki. 

Nah apakah anda sudah pernah ke Masjid Istiqlalnya Aceh..??





Share:

7 komentar

  1. wahh keren gan, mantap infonya !

    visit : http://wajahtekno.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. keren....

    ini juga bit.ly/1oAO729

    ReplyDelete
  3. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    ReplyDelete
  4. tulisan yang menarik. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    ReplyDelete
  5. Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

    ReplyDelete
  6. Undangan Menjadi Peserta Lomba Review Website berhadiah 30 Juta.

    Selamat Siang, setelah kami memperhatikan kualitas tulisan di Blog ini.
    Kami akan senang sekali, jika Blog ini berkenan mengikuti Lomba review
    Websitedari babastudio.

    Untuk Lebih jelas dan detail mohon kunjungi http://www.babastudio.com/review2014


    Salam
    Baba Studio

    ReplyDelete