Ingin Menikmati Alam Terbuka, Ayo ke Hutan Kota BNI


Beberapa Jenis Bunga yang ada di Hutan Kota BNI Banda Aceh
Apa yang terbayang di benak Anda, bila ane berbicara tentang hutan. Pasti fikirannya berkelana menuju tempat-tempat yang sangat banyak ditumbuhi oleh berbagai macam pohon yang besar, binatang buas, semak-semak, berpetualang dan lain sebagainya. Nah kali ini ane akan berbicara tentang pohon-pohon namun tidak begitu besar seperti yang Anda bayangkan. Kali ini ane akan membahas sebuah hutan yang indah dengan berbagai macam tumbuh-tumbuhan, namun tidak ada binatang buasnya. Bahkan di hutan ini juga terdapat beberapa makam bersejarah dan sangat dirawat oleh penjaganya. Hutan yang ane maksud adalah Hutan Kota BNI Banda Aceh. Apakah Anda seduah pernah kesana..?? Jika belum yuk simak artikel ane yang satu ini.


Sunset di sore hari membuat hutan ini rame yang mengunjungi
Hutan Kota BNI Banda Aceh terletak di gampong (desa) Tibang sekitar 5 kilo meter dari pusat kota. Nah, apa saja yang terdapat disana? Disana banyak sekali tumbuh-tumbuhan dimana setiap pohon diberi nama agar para pengunjung bisa mengetahui nama-nama pohon tersebut. Hutan Kota ini terbangun atas kerja sama Bank BNI dan yayasan Banda Aceh, Pemko Banda Aceh dan masyarakat gampong Tibang. Hutan Kota BNI Banda Aceh memiliki luas 7 hektar lahan yang disediakan. Fungsi dari hutan kota ini untuk menjaga ekologi dan bebas polusi. Dan menurut salah satu situs yang ane baca, Hutan Kota BNI Banda Aceh sudah menyerap 37 ton karbondioksida. Waw lumayan banyak juga ya. Untuk masuk kedalam hutan kota BNI Anda cukup membayar uang parkir sebesar 2 ribu rupiah, dan Anda sudah bisa menikmati indahnya alam terasa di hutan beneran.
Berfoto bersama ilalang India
Pertama masuk ke hutan kota ini, Anda akan menaiki sebuah jembatan selamat datang yang dibawahnya terdapat danau kecil. Di ujung jembatan tersebut, Anda akan mendapati sebuah tugu Hutan Kota BNI, dan Anda juga bisa berjalan melalui jalan setapak yang ada disana. Disana juga terdapat lapangan olahraga basket dan terkdang dijadikan untuk bermain futsal. Jika Anda terus berjalan, disana Anda akan mendapati sebuah bangunan yang dilengkapi dengan perpustakaan dan disampingnya terdapat bibit-bibit tanaman yang sedang dirawat oleh petugas Hutan Kota. Anda bisa melanjutkan perjalanan, dan disamping jalan setapak yang Anda lewati, Anda akan melihat makam kuno yang dirawat. Tidak jauh dari situ Anda juga akan melihat sebuah bangunan yang digunakan untuk beribadat kepada tuhan yang esa, jadi ketika waktu shalat tiba, Anda tidak mesti jauh-jauh mencari masjid, karena dilingkungan hutan kota tersebut terdapat sebuah mushalla.
Momen di trailing jembatan
 Di beberapa tempat disana, Anda bisa menikmati Ilalang India, jika Anda suka berfhoto, jangan malu-malu keluarkan kamera Anda, karena tempat ini juga sering dijadikan tempat hunting fhoto model, prawedding dan wedding, atau banyak juga pemuda dan pemudi mengabadikan momen-moment indahnya ditempat ini. Ane juga sering mengabadikan momen-momen seperti para pengunjung lainnya. Jika Anda terus berjalan, Anda akan mendapati sebuah trailing jembatan, disana Anda bisa melihat keindahan alam gampong Tibang, dari trailing jembatan tersebut. Di tempat ini ramai orang mengabadikan momen-momen mereka.
Sebuah peringatan, "Nikmati dengan Hati-hati"
Hutan Kota BNI juga memberikan peringatan-peringatan kepada para pengunjung, seperti nikmati dengan hati-hati, jangan berbuat khalwat, buanglah sampah pada tempatnya, jangan memetik buah dan bunga, jangan mengganggu burung, dan lain sebagainya. Tempat ini juga banyak dikunjungi oleh warga kota Banda Aceh ketika sore hari, waktu cuaca cerah Anda bisa melihat langsung matahari tenggelam. Nah ini sangat cocok bagi anda sunset hunters. Ayo segera nikmati sunsetmu disore hari.
Danau Mangrove
Setelah melewati jembatan Anda akan melihat taman bermain anak, dimana terdapat jungkat-jungkit, ayunan dan beberapa jenis mainan anak-anak lainnya. Jika Anda merasa waktu kecil kurang bahagia, bisa menggunakan mainan tersebut, tapi hati-hati ketahuan petugas. hehehee.

Anda bisa melanjutkan perjalanan jika Anda merasa sudah bahagia ketika kecil, disamping tempat permain anak tersebut, terdapat sebuah kolam teratai, yang kadang akan menawarkan keindahan jika teratainya berbunga dan mekar. Tidak jauh dari situ Anda akan mengelilingi danau manggrove, dan banyak juga para pengunjung duduk disini menikmati canda tawa bersama tema-temannya. Jika Anda sudah puas dengan danau manggrove Anda bisa melanjutkan perjalanan mengikuti jalan setapak menuju tempat yang Anda sukai. Selain itu Taman Hutan Kota juga sering digunakan sebagai tempat untuk berolah raga, seperti ketika pertama masuk Anda sudah melihat lapangan basket, selain itu ada juga yang melakukan jogging sore di tempat. Jika Anda tertarik, ayo kita jooging disini


Para pengunjung yang menikmati jogging sore di taman hutan Kota BNI

Selain itu taman Hutan Kota BNI di buka dari jam 8 pagi hingga jam 6:30 sore. Bila sudah tiba jam 6:30 petugas taman akan berkeliling taman, melihat jika ada pengunjung, lalu di tegurnya bahwa jam berkunjung ke taman Hutan Kota sudah berakhir. Oia Taman Hutan Kota ini di rawat oleh 6orang karywan, yang rata-rata warga gampong Tibang. Mereka berkerja menjaga keindahan Taman Hutan Kota BNI agar tetap asri dan nyaman di nikmati oleh pengunjung.

Sekianlah artikel singkat ini tentang taman Hutan Kota BNI  Banda Aceh, Ayo segera nikmati perjalanan Anda di taman Hutan Kota BNI. Semoga Artikel ini bermanfaat Anda semua. Dan ane pamit undur diri, Tunggu artikel selanjutnya dari ane.


Artikel ini di ikutkan pada lomba Banda Aceh Blog Competition 2014

Share:

31 komentar

  1. indah sih memang tapi jauh dari tempat saya di Bogor, tapi bisa nih jadi referensi pas jalan" :)

    ReplyDelete
  2. Wah Nice Gan:) Nanti Saya Kesitu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan. Di tunggu kedatangannya di Aceh :)

      Delete
  3. ternyata indonesia kaya akan keindahan alamnya ya :)
    nantilah kapan kapan kalau ada umur & rezeki aku mampir kesana hehe , buat masuknya juga lumayan murah cuma 2rb heheh , makasih infonya mas :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Biar lebih seru, ayo berkujung ke Aceh, dan nikmati langsung alamnya :)

      Delete
  5. Aku juga punya hehe :D
    bit.ly/1oAO729

    ReplyDelete
  6. keren, ga bosan bosannya kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, Makasih masbray sudah berkunjung kemari :D
      Kapan2 kesana lagi kita :D

      Delete
  7. cukup indah,, kira2 brapa banyak masyrakat yang datang ke hutan kota ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak terhingga Rif. Karena belum ada angka yang pasti berapa jumlah angkanya, Dan belum ada yang survey pun. Kapan2 Boleh di survey rif :D

      Delete
  8. Kapan kapan ane berkunjung ke situ ya gan
    Wkwkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera kesana gan. di jaman gak bakal nyesal kesana :D

      Delete
  9. sayangnya itu di daerah Aceh gan . rumah ane kediri -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 main2 ke Aceh gan.. Provinsi paling barat Indonesia ini tersimpan sejuta keindahan gan. Sangat sayang untuk dilewatkan :D

      Delete
  10. Mantap gan indah banget alammny

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  11. waduh jauh tuh gan
    ane di depok :(

    ReplyDelete
  12. Aceh memang menyimpan berjuta keindahan. ..
    http://alazieral.blogspot.com/2014/04/mengejar-sunst-di-alue-naga.html#more

    ReplyDelete
  13. Mantap Banget Tulisan ya.
    Destinasi Lengkap Aceh cuma Ada di : http://acehplanet.com/

    ReplyDelete
  14. tempat jogging track yang sejuk. jgn lupa mampir ya : http://charmingaceh.blogspot.com/2014/04/jangan-ke-banda-aceh.html

    ReplyDelete
  15. Bagus artikel nya, jangan lupa mampir kemari ya : http://bandaacehvisit.blogspot.com/2014/04/banda-aceh-icon-para-cendekia-aceh.html

    ReplyDelete