Menghadapi Ajal dengan Gagah Berani.

Judul : Lone Survivor 2013
Jenis Film : Action

Produser : Mark Wahlbrg, Sarah Aubrey, Randall Emmet, Stephen Levinson
Tanggal rilis perdana : 10 Januari 2014 (AS)
Sutradara : Peter Berg
Durasi : 120 Menit

Film di angkat dari kisah nyata, yang bercerta tentang 4 tentara angkatan laut Amerika Serikat yang melakukan misi untuk menetralisasikan tingkat operasi Al-Qaeda tingkat tinggi yang disergap musuh dipegunungan Afganistan. Marcus Luttrell (Mark Wahlberg), Danny Dietz (Emile Hirsch), Mike Murphy (Taylor Kitsch), dan Axe Axelson (Ben Foster), empat sekawan yang lebih dari sekadar teman. Mereka saling berkonsultasi mulai dari masalah perkawinan, keluarga, sampai strategi perang. Dan keempatnya memperoleh tugas melenyapkan pimpinan Taliban, Ahmad Shah, di sebuah wilayah di pegunungan Afganistan. Shah digambarkan sebagai pemimpin yang kejam, bukan hanya terhadap tentara asing, tetapi juga terhadap penduduk setempat.

Ditengah mengintai dan menunggu bantuan mereka istirahat sejenak, dan mereka berjumpa dengan tiga orang penduduk setempat yang sedang menggembala kambing. Namun mereka mengalami dilema, apakah harus membunuh mereka atau membiarkan mereka lepas. Jika di bunuh, ada rasa peri kemanusiaan yang teramat, dan jika dibiarkan berarti misi mereka telah gagal. Namun mereka memilih melepaskan ketiga warga yang menggemabala kambing di sekitar gunung tersebut dengan catatan misi mereka gagal dan akan di kepung olehpasukan taliban. Namun di tengah jalan kembali ke kompi militer, mereka di kepung oleh kelompok taliban, dan satu persatudari mereka meninggal terkena peluru-peluru yang menembus badan mereka. Untuk menghindar dari kematian mereka bahkan harus melompat dari gunung yang tinggi dan terjal bahkan berbatu, mereka menahan kesakitan yang teramat.

Di tengah situasi tersebut, mereka masih berpikiran untuk membantu satu sama lain. Bahkan ketika salah satu yang tertembak dan mereka tidak sempat membawa serta terjun dari gunung yang terjal, mereka masih berpikir apakah teman mereka selamat atau tidak. Bahkan harus mengorbankan nyawa sekali pun untuk menolong seorang teman dan medapatkan bantuan.

Dari keempat tentara As tersebut, salah satu dari mereka selamat bertahan hidup dengan bantuan warga setempat, hingga bantuan datang menjemput prajurit yang selamat tersebut. Bahkan ketika di desa, para penduduk rela berperang dengan pasukan taliban untuk menolong prajurit tersebut. Sutradara Peter Berg menyampaikan pesan dari film ini adalah ketika kematian dihadapi dengan gagah berani, tanpa putus asa untuk bertahan hidup di medan tempur.

Share:

0 komentar