Kiat-Kiat Belajar Sukses di Perguruan Tinggi

Sumber Gambar: curhatsultan.blogspot.com
Menjadi mahasiswa itu sudah menjadi pilihan wajib ketika lulus dari SMA, meski tidak semua orang beruntung untuk manjadi mahasiswa dengan latar ekonomi keluarga. Ketika masih belajar di SMA, kita sering sekali bermimpi, berandai-andai akan seperti apa ketika sudah duduk di bangku kuliah. Ketika saya masih duduk di Bangku SMK, saya berandai-andai masuk kuliah di kampus impian di bidang yang saya inginkan. Ya, semua terwujud, apa yang saya inginkan tercapai. Akhirnya saya menjadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Aceh.

Di Aceh sendiri banyak sekali universitas yang bisa menjadi pilihan siswa SMA. Seperti kampus dengan pelayanan kesehatan terbaik sepeti STIMIK, STIKES, Kampus Cyber, Kampus Islami, dan lain sebagainya. Maka pilihlah kampus yang menurut Anda baik. Lihatlah akreditasi kampus tersebut untuk memastikan apakah kampus itu terbaik atau tidak.

Menjadi mahasiswa itu tidak semudah yang di bayangkan ketika duduk di bangku sekolah. Ketika di sekolah, kita sering membayangkan kuliah itu bebas, mulai dari pakaian hingga masuk kuliah. Yang kita bayangkan ketika masih sekolah itu memang tidak salah, karena menjadi mahasiswa sukses itu tergantu dari niat individu. Ada yang niatnya memang benar-benar kuliah, ada yang niatnya untuk gaya, ada yang niatnya karena di paksa oleh orang tua. kembali lagi semua itu tergantung kepada niat dalam hati, kemana akan melangkah ketika menjadi mahasiswa.??

Sukses itu adalah pilihan, pilihan yang di pilih oleh setiap manusia. Siapa yang tidak menginginkan sukses. Semua orang menginginkan sukses. Bahkan sukses itu sudah menjadi cita-cita yang terlintas ketika orang bertanya "Mau jadi apa kamu nanti?". Kebanyakan orang menjawab, ingin menjadi orang sukses. Dan kembali lagi sukses seperti yang di inginkan. Karena sukses itu beragam bentuknya. 

Salah satunya seperti contoh ini. "Akhirnya aku memenangkan hatimu" (ceileh, lebey guek). Ini juga termasuk dalam katagori sukses. Sukses menaklukkan hati perempuan untuk dijadikan pacar tentunya. Ah basa-basinya terlanjur panjang kali ya. Oke langsung To the point saja ya.

Kiat-kiat belajar sukses di perguruan tinggi juga banyak jenisnya, nah berikut ini menurut versi saya. Cek it out :

1. Menjadi Mahasiswa Sukses dengan sering Belajar dan Membaca Buku

Mungkin yang ini sangat sedikit orang yang melakukan, terutama bagi kaum adam. Jika tidak percaya boleh Anda tanyakan kepada beberapa orang mahasiswa dengan pertanyaan seberapa sering mereka pergi ke perpustkaan.?? Palingan para kaum adam ke perpustakaan ketika sedang mendapatkan tugas. Terutam ketika sedang semester akhir. Para mahasiswa berbondong-bondong ke perpustakaan mencari buku untuk penelitian tugas akhir. 

Pernahkah Anda mendengar membaca itu adalah jembatan ilmu. Yang artinya buku-buku yang baca akan menjadi referensi ilmiah yang akan terus tersimpan di dalam fikiran. Jika kita benar-benar membaca dengan serius. Belajar suskss di perpustakaan banyak di lakukan oleh para mahasiwi. Karena mahasiswa lebih rajin ketimbang mahasiswa. Buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku kita akan tahu keindahan dunia meskipun kita tidak pernah keliling dunia. Dengan buku kita bisa tahu semua, bahkan kita bisa lebih pandai dari om GOOGLE jika kita berusaha. Jika orang bertanya lebih pintar manusia atau google. Jawabanya adalah manusia. Karena teknologi google itu ciptaan manusia. Sedangkan google tidak bisa digunakan tanpa di operasikan oleh manusia.

2. Menjadi Mahasiswa Sukses dengan Sering Bertanya

Pernahkah Anda mendengar istilah, "Malu bertanya sesat di jalan". Di saat menjadi mahasiswa, kita harus sering-sering bertanya apa saja yang menurut kita janggal. Namun kita juga harus hati-hati, karena tidak sumua dosen senang dengan pertanyaan yang memojokkan dirinya. Bahkan banyak kasus yang menunjukkan bahwa sang dosen tidak senang dengan pertanyaan mahasiswa bisa jadi di akhir semester nilai E akan tertera di sana. Jika bergini kejadiannya maka akan terdengar istilah "Aku Bertanya, Musibah Ku Dapat".

Nah sebelum bertanya tentunya kita harus mempelajari dulu orang yang akan kita tanyai tersebut, tidak terkecuali sang dosen. Bila sang dosen memiliki kepribadian seperti di atas, maka tanyalah kepada teman yang dianggap pintar di dalam ruangan. Maka kita tidak akan sesat lagi ketika berjalan. 

3. Menjadi Mahasiswa Sukses dengan sering Belajar dari Internet

"Eits, sebelum membaca lebih jauh. Buanglah fikiran Anda dari permain Online karena itu bisa membuat anda kecanduan dan membuat anda terpuruk selama menjadi mahasiswa."

Belajar sukses dari internet sudah banyak di lakukan oleh semua orang. Di zaman yang serba canggih ini apa yang tidak bisa di dapatkan di internet, dari hal positif hingga negatif. Dari dunia hitam hingga dunia hiburan. Semua tergabung menjadi satu dalam kata Internet. Internet sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa di pisahkan lagi. Bahkan dari anak-anak hingga yang tua sudah menggunakan internet. Namun sayang tidak semuanya menggunakan internet secara positif. Kebanyakan manusia menggunakan internet untuk bersosial media saja. Dan bahkan jarang membaca berita dan informasi terkini. Maka jadilah mahasiswa online mulai dari sekarang.

Dunia internet sekarang ini berkembang sangat pesat. Bahkan dalam dua detik baru terjadi suatu kejadian. Dengan cepat kejadian itu akan tersebar ke seluruh dunia. Dengan internet kita bisa banyak belajar dari ilmu-ilmu yang berada di sana. Bahkan dengan internet kita bisa membagikan ilmu kepada sesama melalui website gratis maupun berbayar. Bahkan kiat sukses manusia lainnya banyak di share di internet. Dengan demikian kita dapat mencotohkannya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, apalagi mahasiswa yang sangat membutuh motivasi dan informasi akan menjadi mahasiswa sukses.

4. Menjadi Mahasiswa Sukses dengan Berorganisasi 

Di dalam perguruan tinggi baik negeri maupun swasta banyak terdapat organisasi. Baik yang berbasik politik, seni,  bela diri, jurnalistik, dan juga hiburan. Jika ingin berorganisasi pilihlah salah satu organisasi yang menurutmu sangat menarik. Jika ingin berpolitik masuklah di organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa, Pemerintahan Mahasiswa, dan lainnya sebagainya. Jika bakat Anda adalah seni, begabunglah dengan sanggar-sanggar yang ada di komplek universitas, atau memiliki bakat menulis begabunglah dengan pers mahasiswa, dan jadilah mahasiswa kreatif dalam setiap kegiatan organisasi, maka Anda akan di senangi oleh semua orang. 

Dengan mengikuti salah satu organisasi, suatu saat kita akan mengaplikasikan ilmu yang telah kita dapatkan di dunia nyata ketika selesai perkuliahan. Di dalam organisasi ini kita akan banyak berjumpa dengan orang-orang baru yang tentunya kita bisa belajar dari mereka-mereka yang sudah berpengalaman dan sukses di bidangnya masing-masing. Hal ini tentunya bisa sangat berguna bagi kita, baik ketika masih menjadi mahasiswa maupun ketika sudah bekerja nantinya.

5. Menjadi Mahasiswa Sukses dengan sering ikut Pelatihan, Seminar dan Diskusi Publik

Kegiatan seperti pelatihan, seminar, diskusi publik tentunya tidak asing lagi di dunia mahasiswa. Bahkan banyak mahasiswa melakukan kegiatan tersebut untuk membuka wawasan akan pendapat-pendapat yang di ucapkan oleh pemateri di setiap pelatihan. Dengan sering mengikuti kegiatan seperti pelatihan, seminar dan diskusi publik kiat akan terus termotivasi untuk terus bergerak berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. Dengan kita sudah termotivasi tentunya kita akan bergerak untuk menjadi manusia sukses. Manusia kalau tidak termotivasi dia akan diam di tempat dan tidak mau bergerak. Diskusi publik akan membuka fikiran kita tentang suatu fenomena yang sedang terjadi. Dengan sering mengikuti diskusi publik kita akan terarah dan lebih mahfum lagi tentang fenomena tertetu.

6. Menjadi Mahasiswa Sukses dengan Prestasi

Dengan sering ikut pelatihan kita akan terdorong untuk terus berubah, dan prestasi pun bisa kita raih dengan gampang. Dengan menjadi mahasiswa berprestasi tentunya itu akan sangat menguntungkan bagi kita dan keluarga tercinta tentunya. Jika ingin memiliki prestasi, ubahlah mindset anda. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru, karena ada banyak even-even yang berskal lokal, nasional dan internosional di universitas maupun di luar universitas. Yang penting intinya kita mau mencoba sesuatu yang baru. Fikirkanlah mengapa mereka bisa berprestasi, lalu mengapa kita tidak. Kita harus belajar banyak dari pengalama, baik pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Dengan demikian sukses pun akan datang menghampiri.

****

Nah itu dia enam kiat belajar sukses di perguruan tinggi. Mungkin ini versi saya, dan bisa jadi versi Anda akan berbeda. Namun apapun versinya yang penting kita termotivasi untuk terus belajar menjadi mahasiswa sukses baik di perguruan tinggi maupun ketika sudah berkerja nantinya.

Share:

19 komentar

  1. Jadi inget pas mahasiswa.

    Saya mengurusi mading dan lainnya karena pada waktu diberi amanah menjadi Ketua UKM Sastra.

    Berhasil 2 bikin buku menjadi mahasiswa yang terbaik pas wisuda akhirnya.

    Juga aktif bertanya, ga pernah bolos kecuali sakitnya ga bisa dikompromi.

    Bagus mas, artikelnya bisa memotivasi mahasiswa lainnya semoga mereka setelah membaca jadi tersadarkan.

    Salam kenal dari Motivator Spiritual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas. Kalo sakit memang tidak bisa adi kompromi. Terima kasih juga telah berkunjung mas. Senang rasanya di kunjungi oleh seorang motivator.

      Salam kenal dari saya di Aceh mas :)

      Delete
  2. Nice artikel gan ! moga sukses blognya !

    ReplyDelete
  3. ahhhh ini penting banget, makasih artikelnye. pas buat ana mahasiswa tingkat akhir :)

    back ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas, makasih juga telah berkunjung ke blog saya :)

      Delete
  4. Replies
    1. sama-sama gan. dan terima kasih telah berkunjung

      Delete
  5. benar membaca itu penting agar sukes jadi mahasiswa. ditunggu kunjung baliknya di: http://belajarnegara.blogspot.com/2015/01/sukses-menjadi-mahasiswa-dan-menjadi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gan. karena dengan membaca kita akan banyak tahu akan informasi.

      di tunggu ya mas :)

      Delete
  6. keren artikelnya.
    bermanfaaat bagi yang baru masuk kuliah

    ReplyDelete
  7. keren artikelnya.
    bermanfaaat bagi yang baru masuk kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia mas. ini khusus untuk para mahasiswa yang ingin sukses

      Delete
  8. mantep banget dah artikelnya. Thanks gam, nice post

    ReplyDelete