Tahu Diri..

Sumber : Google

Ngomong tentang yang satu ini rasanya selalu ingat akan lagu yang pernah dibawakan oleh penyanyi dan bintang film Maudy Ayunda. Apa lagi di lirik “Dan upayaku tahu diri tak selamanya berhasil”. Tapi tahu diri yang ane maksud bukan seperti yang dimaksud oleh lagunya Maudy Ayunda. Namun kita sebagai manusia yang berfikir ada kalanya kita berfikir tentang ketahuan diri. Mungkin kita (Kita..??? lu aja kales :D) sering mendengar ucapan dasar gak tahu diri, meskipun kadang kala ucapan itu samar dan tidak langsung di ucapkan oleh seseorang tetapi kata tersebut sering juga di katakan dengan sindiran yang waktu kita dengar gimana gitu.

Ane keseringan nih pinjam punya teman tanpa minta terlebih dahulu yang nyerocos aja. Padahal pas ane ambil teman ane lihat dan gak terlalu ambil pusing. Maksud kita pinjam karena lagi tidak di pakai dan terletak begitu saja di situ. Eh tiba-tiba si teman tersebut langsung khutbah yang berkepanjangan. Dalam hati ane berkata “sabar-sabar. lu harus tahu diri, entar waktu gajian ane beli. Awas kalo lu pinjam punya ane” hehehe. 


Atau kejadiannya kita hanya meminjam karena alasan tertentu, misalnya ane lagi malas mengambil punya ane sendiri yang terletak sekitar 3 meter di sampir ane, sedangkan di depan ane juga ada barang yang sama, lalu ane mengambil barang tersebut. Waktu ane ambil si pemilik diam-diam saja. Namun tatapan matanya gimana gitu. Terasa seperti akan memakan ane. Naudzubillah. (ni orang pelit juga).

Yang namanya ambil punya orang tanpa permisi siapa coba yang tidak marah, kayaknya orang di seluruh dunia bakalan marah, kalo ane sendiri sih juga akan marah. Ini yang namanya kebiasaan buruk yang harus di rubah. Walaupun barang-barang kecil yang di ambil tanpa permisi itu rasanya gimana gitu ketika kita sebagai sang pemilik tidak ada yang pemisi dulu yang mengambil barang kita. Yang namanya barang, sekecil apapun dia kita tetap menghargai itu dan menjaganya. Ya, kalau rusak harus beli lagi. Yang intinya uang lagi, uang lagi.

Oke kembali lagi kepersoalan tahu diri. Tahu diri ini menurut ane terbagai atas bebrapa alasan:

1. Ekonomi 

Kita harus tahu diri ketika melihat orang yang lebih keren, lebih kaya, lebih macho dari kita. Ya, mereka seperti itu karena penghasilan orang tuanya yang lumayan. Lah kita sebagai kalangan bawah ya harus jadi apa adanya, makan apa adanya sesuai dengan keadaan dompet.

2. Wajah pas-pasan

Tahu diri ketika melihat cewek cantik yang kayaknya tidak sebanding dengan kita. Yang satu ini kadang kala juga tidak berguna, karena ada juga cewek cantik yang tidak mencari cowok ganteng lagi. Mungkin bagi cewek yang seperti ini udah trauma kali ya, karena cowok gantengnya suka selingkuh karena merasa dirinya ganteng.

3. Jangan suka pinjam punya orang

Ini seperti kasus ane yang di atas. Bukan gak sanggup beli, tapi keadaan yang membuat kita untuk meminjam barang tersebut. Ya kita harus tahu diri juga sih. Dan ini menjadi pelajaran yang berharga kedepannya.



Mungkin masih banyak tahu diri yang lainnya yang mungkin tidak ane sebutkan disini, semoga artikel ini bermanfaat. Dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ane yang satu ini.

Share:

0 komentar