3 Tipe Mahasiswa

Halo sahabat blogger, kali ini ane kembali berbagi tentang 3 tipe mahasiswa. Tulisan ini tertarik ane tulis ketika sedang mendengakan kuliah yang sedang diberikan oleh dosen Komunikasi Politik beberapa waktu yang lalu. Meski udah beberapa kali ane mendengar istilah ini, namun baru sekarang berkesempatan untuk menulis artikel ini, semoga sahabat blogger tidak bosan-bosannya membaca artikel singkat ane. Maklum ane masih belajar merangkai kata. :D

Hampir 100% orang di dunia ini ingin menjadi mahasiswa, ingin menduduki perguruan tinggi. Bahkan ada diantara kita yang tidak bisa melanjutkan studinya menjadi mahasiswa. Banyak hal yang membuat orang-orang tidak bisa melanjutkan studinya menuju perguruan tinggi. Faktor yang paling pertama kita temui adalah masalah ekonomi keluarga, meski banyak program-program beasiswa, namun tidak semua mendapatkan hal yang diinginkan.

Mahasiswa terdiri dari dua kata maha dan siswa. Maha artinya yang paling tinggi. Dan siswa adalah yang yang terpelajar. Namun jika digabungkan kedua itilah ini maka mahasiswa berarti pelajar yang memiliki kedudukan yang tinggi diatas siswa. Biasanya siswa indentik dengan pelajar SMA, MA, SMK maupun sejenisnya. Ada yang menyatakan bahwa mahasiswa itu agent of change yang bila diartikan kedalam bahasa indonesia berarti agen perubahan. Salah satu yang identik dengan mahasiswa adalah berdemo.

1. KUPU-KUPU

Namun tidak semua mahasiswa suka berdemo, ada juga yang hanya suka berorganisai namun demo no way. Menurut dosen saya ada tiga tipe mahasiswa. Yang pertama KUPU-KUPU, yang bila di jabarkan menjadi kuliah pulang-kuliah pulang. Mahasiswa seperti ini adalah orang yang tidak suka berorganisasi, yang di inginkan adalah selesai kuliah pulang, melanjutkan hal yang tertunda. Apakah itu perkejaan atau sesuatu hal yang lainnya. Hanya mahasiswa KUPU-KUPU lah yang tahu apa yang dilakukannya setelah pulang. Apakah bekerja, atau melanjutkan tidur yang tertunda.

2. KURA-KURA

Yang kedua adalah tipe mahasiswa KURA-KURA. KURA-KURA adalah singkatan dari kuliah rapat – kuliah rapat. Tipe mahasiswa seperti ini selain berkuliah juga berorganisasi. Namun tidak meninggalkan kewajiban pertama. Tipe mahasiswa inilah yang paling terkenal karena suka melakukan orasi atau demo tentang isu-isu terkini yang sedang terjadi di masyarakat. Apakah itu isu politik, sosial, maupun isu-isu yang lainnya. Tipe mahasiswa seperti ini bisa dikatakan sebagai aktivis, meraka peduli dengan lingkungan sekitar. Namun banyak juga dari mahasiswa yang bertipe KURA-KURA tidak masuk kuliah, karena mereka lebih mementingkan organisasi ketimbang masuk kelas. Namun hal ini kembali lagi kediri sindiri, apa yang diinginkan oleh seseorang hanya orang tersebut yang tahu.

3. KUNANG-KUNANG

Yang ketiga adalah tipe mahasiswa KUNANG-KUNANG. Ini adalah kepanjangan dari kuliah nangkring – kuliah nangkring. Mahasiwa seperti ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk nangkring, apakah di nangkring diperpustakaan, cafe atau warung kopi, bermain game dengan teman sebayanya. 



Namun anda sahabat blogger masuk ke katagori yang mana.??

Share:

0 komentar