Bersihkan Hati selama Puasa

Selamat siang semuanya. Tidak terasa ya, hari ini sudah puasa yang ke 11, pasti sahabat-sahabat semua sedah berfikir untuk mudik pulang kampung bagi yang jau dengan keluarga tentunya :)

Setiap muslim diwajibakan berpuasa sebagai mana firman Allah ''Hai orang-orang beriman diwajibakan atas kamu berpuasa, sebagai mana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa'' (Al-Baqarah: 183)

setiap muslim pasti mendambakan sukses dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Puasa itu tidak hanya menjaga agar kita tidak makan dan minum saja selama seharian. Tetapi yang paling penting kita harus bisa menjaga hati. Karena jika hati sudah berpaling ke maksiat, maka pengaruhnya akan terasa oleh seluruh anggota badan. Sebagai contoh, jika hati menggunjing, maka dengan mudah pemilik hati akan menggunjing.



Nabi Muhammda saw. Bersabda :
''puasa adalah perisai, maka hendaklah orang yang berpuasa tidak mengatakan kata-kata yang kotor, jika ada yang memeranginya dan memakinya, hendaklah ia berkata, 'sesungguhnya aku sedang puasa', sebanyak dua kali (HR. Bukhari dan Muslim)

''Barang siapa yang tidak meninggalkan perbuatan dusta dan berbuat buruk, maka Allah tidak butuh terhadap puasanya'' (HR. Bukhari)

''Tidaklah puasa itu meninggalkan makan dan minum, sesungguhnya puasa itu harus meninggalkan apa saja yang tidak bermanfaat dan kata-kata kotor'' (HR. Ibnu Khuzaimah dan Hakim, Shahih)

Selama berpuasa, Allah menunjukkan lewat firmannya.
''Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah'' (Qs. Al-Baqarah: 172)

Lewat ayat tesebut, Allah menunjukkanagar umat muslim sedunia selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan agar mengkonsumsi makanan yang sehat dan halal ketika berbuka dan saat sahur sebagai nutrisi setelah berpuasa seharian penuh. Mengkonsumsi makanan yang bergizi, halal dan baik, juga akan menambah kekuatan dan daya saat berpuasa. Puasa juga sebagai sarana pembersih anggota tubuh dan juga jiwa. Pembersih anggota tubuh dari pengaruh buruk makanan yang kita konsumsi, serta pembersihan hati dan jiwa dari dosa-dosa yang selama ini mengotori dan menodai hati kita.

Di bulan yang penuh berkah ini juga dapat di isi dengan mencari ilmu dan memperbanyak membaca Al-quran serta berzikir. Sebagai mana Allah berfirman:
''Bulan ramadhan didalamnya di turunkan Al-quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan sebagai pembeda (hak dan batil) (QS. Al-Baqarah: 185)

Berbagai Sumber

Share:

0 komentar