Misteri Hantu Genteut



Sumber : Google
Hantu, mendengar namanya saja sudah membuat semua orang berdiri bulu kuduk. Apalagi ketika hantu itu menampakkan dirinya di depan mata kita, dapat dibayangkan apa yang akan terjadi pada diri kita ketika itu. Namun terkadang ada orang yang menganggap hantu itu adalah suatu hal yang lucu dan tidak perlu untuk ditakuti. Mungkin ada benarnya juga, supaya kita bisa lebih leluasa pergi kemana saja tanpa memikirkan masalah hantu. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa hantu itu tidak lucu sama sekali, silahkan Anda search di mesin pencari dan Anda akan menemukan wujud hantu yang lebih mengerikan dari yang Anda bayangkan.  Memang harus kita akui bahwa orang Indonesia sangat tertarik dengan hantu, bahkan hantu menjadi selebriti dengan jam tayang yang tinggi. Maka tidak heran jika hantu itu menjadi salah satu makhluk Tuhan yang paling narsis.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan daerah Serambi Mekkah (Aceh), misteri hantu telah berpuluh-puluh tahun dijadikan rumusan agar anak kecil patuh kepada orang tuanya. Biasanya di Aceh kalau di daerah perkampungan anak-anak pergi mengaji ke dayah (pondok pengajian) dimalam hari, sebelum mereka berangkat ke dayah orang tua akan memberikan nasehat kepada anaknya dengan mensusupi kata hantu didalamnya. Misalnya, "nak, jangan main-main kemana-kemana pergi terus ke dayah biar tidak dibawa oleh Geunteut begitu juga ketika pulang mengaji." Geunteut, adalah sejenis hantu yang memiliki perawakan kurus tinggi hingga beberapa meter, dengan wujud yang mengerikan dan sanggup berlari secepat angin. Begitu orang tua di Aceh memberikan gambaran hantu itu kepada anak-anaknya, bahkan hantu ini sering menjadi dongeng sebelum tidur. Sehingga hantu ini menjadi hantu yang sangat populer atau menjadi legenda dikalangan anak-anak kecil di Aceh dengan berbagai macam bayangan bentuk dibenak mereka.

Akan tetapi sekarang fenomena hantu ini mulai memudar di Aceh terutama di daerah perkotaan, kebisingan dan keramaian hingga larut malam membuat anak-anak Aceh seakan lupa terhadap geunteut ini. Namun, entah mengapa hantu ini tidak pernah menampakkan wujudnya ketika dia sudah mulai tidak eksis lagi.

Misteri hantu Geunteut ini dengan segala macam reputasinya telah menjadi legenda mantan anak-anak kecil Aceh atau malah  menjadi cibiran anak-anak kecil sekarang. Mungkin suatu saat nanti dia akan bangkit kembali serta menjadi idola bagi orang tua untuk menggosipkan tentangnya kepada anak-anak mereka kembali.

Sumber : http://atjehliterature.blogspot.com/2012/10/misteri-hantu-geunteut-di-negeri.html

Share:

0 komentar