Riset PR
Malam blogger, kali ini ane ingin berbagi tugas kuliah ane. Ini mata kuliah Humas yang bikin pusing, dari buat tugas yang super dadakan lalu harus mempresentasikannya lagi. dan mereview hasil dari presentasi lagi. tapi ini adalah hasil Review presentasi yang telah ane lakukana beberapa minggu yang lalu. Semoga ini bemanfaat bagi pembaca. Cekidot :)
Riset PR
Peran
seorang Public Relations (PR) saat ini sangat penting dalam sebuah institusi
atau perusahaan. Public relations dalam perusahaan merupakan ujung tombak
sehingga perannya menjadi sangat penting dan strategis. Selain untuk
menciptakan citra positif bagi sebuah institusi atau perusahaan, peran PR juga
dilibatkan dalam banyak hal seperti pembuatan strategi maupun
program-program menarik untuk mampu bersaing dan tetap eksis baik dalam sebuah
lembaga yang berorientasi profit maupun pelayanan pada masyarakat atau
nonprofit. Sesuai dengan pengertian public relations menurut
Dr. Rex Harlow yakni PR adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung
pembinaan, peneliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya,
menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama,
melibatkan manajemen dalam menghadapi persoalan/permasalahan, mambantu
manajemen untuk mampu menghadapi opini publik, mendukung manajemen dalam
mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai
peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta
teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.untuk itu peran PR
sangat penting dalam sebuah perusahaan.
Berdasarkan
pengertian PR di atas, dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut dalam sebuah
perusahaan sangat penting bagi seorang PR menggunakan penelitian atau riset
untuk mendukung fungsi atau tugas yang ada. riset merupakan bagian
integral dari perencanaan, pengembangan program, dan proses evaluasi. Penelitian atau riset dalam PR bertujuan untuk
memperoleh data-data akurat sesuai fakta dilapangan. PR dalam menjalankan
fungsinya tidak hanya berdasar apa yang dikehendaki saja, namun harus sesuai
dengan data-data yang akurat dengan tujuan agar PR mampu membuat
keputusan-keputusan kebijakan dan merencanakan strategi untuk program
komunikasi yang efektif seshingga mampu mencapai tujuan perusahaan.
Riset
merupakan pengumpulan data, fakta, informasi secara sistematis dalam upaya
mengembangkan pengertian. Riset merupakanbagian integral dsari perencanaan,
pengembangan program, dan proses evaluasi. Peran penelitian adalah sebagai
kontrol, objektif, dan pengumpulan informasi secara sistematisuntuk
mengembangakan tujuan dan saling pengertian. Cutlip dan center menyatakan empat
upaya pemecahan persoalan kerja dan penelitian dalam PR.
1.
Defining
Problem. Penelitian menjadi hal yang krusial karena mampu memberikan
infoermasiawal yang dibutuhkan untuk melaksanakan aksi PR dan memainkan peran
pentingdalam mengevaluasi program.
2. Planning
dan programing. Ketika praktisi PR telah berhasil mendefinisikan masalah
melalui serangkaian penelitian dan analisis maka langkash selanjutnya adalah
merencanakan strategi dan program dalam
upaya menyelesaikan masalah.
3. Taking
action and communicating. Merupakan perencanaan strategis yang telah disiapkan
dan disetujui, implementasi program aksi dan komunikasi yang dirancang untuk
sasaran spesifik bagi masing-msing publik dilakukan untuk mencapai tujuan
program.
4. Evaluating
the program merupakan lamgkah terakhir
yang meliputi penilaian persiapan, implementasi dan hasil pelaksanaan
program.
10
manfaat menggunakan riset untuk PR.
1. Mencapai kredibilitas dengan manajemen
2. Menetapkan audiens dan segmen publik
3. Merumuskan strategi
4. Pesan/copy writing
5. Membantu manajemen keep in touch
|
6. Mencegah krisis
7. Memantau kompetisi
8. Pengaruh opini publik
9. Menghasilakan publisitas
10. Mengukur kesuksesan
|
Berikut
beberapa teknik untuk melakukan riset.
1. Material organisasi
2. Metodoe kepustakaan
3. Sumber daya online
4. Jaringan online
5. Internet dan word wide web
6. Analisis isi
|
7. Wawancara
8. Pemusatan kelompok
9. Uji coba efektifitas pesan/copy testing
10. Samplin ilmiah
11. Prosedur sampling secara acak
12. Ukuran sampel
|
Tags:
Tugas Kuliah ku
0 komentar