Riset PR


Malam blogger, kali ini ane ingin berbagi tugas kuliah ane. Ini mata kuliah Humas yang bikin pusing, dari buat tugas yang super dadakan lalu harus mempresentasikannya lagi. dan mereview hasil dari presentasi lagi. tapi ini adalah hasil Review presentasi yang telah ane lakukana beberapa minggu yang lalu.  Semoga ini bemanfaat bagi pembaca. Cekidot :)

  

Riset PR 

 

Peran seorang Public Relations (PR) saat ini sangat penting dalam sebuah institusi atau perusahaan. Public relations dalam perusahaan merupakan ujung tombak sehingga perannya menjadi sangat penting dan strategis. Selain untuk menciptakan citra positif bagi sebuah institusi atau perusahaan, peran PR juga dilibatkan dalam  banyak hal seperti pembuatan strategi maupun program-program menarik untuk mampu bersaing dan tetap eksis baik dalam sebuah lembaga yang berorientasi profit maupun pelayanan pada masyarakat atau nonprofit. Sesuai dengan pengertian public relations menurut Dr. Rex Harlow yakni PR adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung pembinaan, peneliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerja sama, melibatkan manajemen dalam menghadapi persoalan/permasalahan, mambantu manajemen untuk mampu menghadapi opini publik, mendukung manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai peringatan dini dalam mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama.untuk itu peran PR sangat penting dalam sebuah perusahaan.


Berdasarkan pengertian PR di atas, dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut dalam sebuah perusahaan sangat penting bagi seorang PR menggunakan penelitian atau riset untuk mendukung fungsi atau tugas yang ada. riset merupakan bagian integral dari perencanaan, pengembangan program, dan proses evaluasi. Penelitian atau riset dalam PR bertujuan untuk memperoleh data-data akurat sesuai fakta dilapangan. PR dalam menjalankan fungsinya tidak hanya berdasar apa yang dikehendaki saja, namun harus sesuai dengan data-data yang akurat dengan tujuan agar PR mampu membuat keputusan-keputusan kebijakan dan merencanakan strategi untuk program komunikasi yang efektif seshingga mampu mencapai tujuan perusahaan.

Riset merupakan pengumpulan data, fakta, informasi secara sistematis dalam upaya mengembangkan pengertian. Riset merupakanbagian integral dsari perencanaan, pengembangan program, dan proses evaluasi. Peran penelitian adalah sebagai kontrol, objektif, dan pengumpulan informasi secara sistematisuntuk mengembangakan tujuan dan saling pengertian. Cutlip dan center menyatakan empat upaya pemecahan persoalan kerja dan penelitian dalam PR.

1.      Defining Problem. Penelitian menjadi hal yang krusial karena mampu memberikan infoermasiawal yang dibutuhkan untuk melaksanakan aksi PR dan memainkan peran pentingdalam mengevaluasi program.
2.  Planning dan programing. Ketika praktisi PR telah berhasil mendefinisikan masalah melalui serangkaian penelitian dan analisis maka langkash selanjutnya adalah merencanakan strategi  dan program dalam upaya menyelesaikan masalah.
3.   Taking action and communicating. Merupakan perencanaan strategis yang telah disiapkan dan disetujui, implementasi program aksi dan komunikasi yang dirancang untuk sasaran spesifik bagi masing-msing publik dilakukan untuk mencapai tujuan program.
4. Evaluating the program merupakan lamgkah terakhir  yang meliputi penilaian persiapan, implementasi dan hasil pelaksanaan program.

10 manfaat menggunakan  riset untuk PR.
1.      Mencapai kredibilitas dengan manajemen
2.      Menetapkan audiens dan segmen publik
3.      Merumuskan strategi
4.      Pesan/copy writing
5.      Membantu manajemen keep in touch
6.      Mencegah krisis
7.      Memantau kompetisi
8.      Pengaruh opini publik
9.      Menghasilakan publisitas
10.  Mengukur kesuksesan

Berikut beberapa teknik untuk melakukan riset.
1.      Material organisasi
2.      Metodoe kepustakaan
3.      Sumber daya online
4.      Jaringan online
5.      Internet dan word wide web
6.      Analisis isi
7.      Wawancara
8.      Pemusatan kelompok
9.      Uji coba efektifitas pesan/copy testing
10.  Samplin ilmiah
11.  Prosedur sampling secara acak
12.  Ukuran sampel

Share:

0 komentar