Sinetron Teguran KPI

Salah satu adegan di sinetron Pashmina Aisha
Sumber Fhoto allaboutduniatv.blogspot.com
Maraknya pemberitaan tentang kekerasaan anak membuat KPI menegur beberapa stasiun televisi Indonesia dengan program sinetron yang ditayangkan, teguran ini juga didasari oleh laporan oleh orang tua yang menganggap beberapa sinetron berpengaruh terhadap tingkah laku anak. Hal ini karena di sinetron banyak menampilkan beberapa adegan tentang bullying baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah. 

Memang tayangan seperti itu tidak asing lagi di sinetron Indonesia, bahkan hampir disemua sinetron maupun FTV menampilkan kisah kekerasan, bila anak menonton tanpa di dampingi orang tua. Mungkin banyak anak Indonesia akan mengikuti adegan-adegan yang ada dalam sinetron maupun FTV yang mereka tonton.

Kekerasan yang paling menonjol di setiap sinetron Indonesia adalah kekerasan fisik, kekerasan verbal, menampilkan percobaan pembunuhan, adegan percobaan bunuh diri, menampilkan remaja yang menggunakan testpack karena hamil di luar nikah, adanya percobaan pemerkosaan dan sebagainya. Tentu hal ini sangat meresahkan sebagian orang tua yang peduli dengan anak mereka.

Menurut KPI ada sekitar 10 program sinetron yang tayang dibeberapa stasiun televisi yang mendapat teguran dan tidak layak untuk di tonton oleh anak. Kesepulah program tersebut di anggap bermasalah oleh KPI:

  1. Sinetron Ayah Mengapa Aku Berbeda RCTI
  2. Sinetron Pashmina Aisha RCTI
  3. Sinetron ABG Jadi Manten SCTV
  4. Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala SCTV
  5. Sinetron Diam-Diam Suka SCTV
  6. Sinema Indonesia ANTV
  7. Sinema Akhir Pekan ANTV
  8. Sinema Pagi Indosiar
  9. Sinema Utama Keluarga MNC TV
  10. Bioskop Indonesia Premier Trans TV
Bahkan menurut Komisioner KPI, Agatha Lily masih banyak terdapat beberapa judul-judul yang sangat provokatif dan tidak pantas, seperti: Sumpah Pocong Di Sekolah, Aku Dibuang Suamiku Seperti Tisu Bekas, Mahluk Ngesot, Merebut Suami Dari Simpanan, 3x Ditalak Suami Dalam Semalam, Aku Hamil Suamiku Selingkuh, Pacar Lebih Penting Dari Istri, Ibu Jangan Rebut Suamiku, Istri Dari Neraka aka Aku Benci Istriku. Lihat disini


Share:

0 komentar