50:50 : Antara Hidup dan Mati

Poster Wikipedia
50/50 adalah sebuah film yang menceritakan tentang seorang lelaki yang bernama Adam Lerner (Gordon Levitt) schwannoma neurofibrosarcoma. Adam Lerner adalah seorang jurnalis 27 tahun publik radio di Seattle, dia memiliki pacar seorang seniman Rachael (Howard), dan juga berteman akrab dengan Kyle (Rogen) yang juga rekan kerjanya di publik radio. 

Cerita ini bermula ketika Adam mengalami sakit keras di punggungnya, Adam belajar dari dokter bahwa ia memiliki schwannoma neurofibrosarcoma (tumor ganas) pada tulang belakang, dan harus menjalani kemoterapi. Dia juga membaca di Internet bahwa peluangnya untuk bertahan hidup adalah 50:50. Setelah Adam mengungkapkan diagnosis, ibunya, Diane (Huston) sangat khawatir, yang juga merawat ayahnya Richard (Houde) yang menderita Alzheimer, Diane juga ingin merawat putranya. Adam menolak tawaran ini, karena Rachael telah berjanji untuk menjadi orang yang merawatnya. 

Lama kelamaan Rachael merasa tidak nyaman pergi ke rumah sakit selama perawatan kemoterapi Adam. Kemudian, Kyle melihat Rachael mencium pria lain di sebuah galeri seni, dan memberitahu Adam bahwa Rachael berselingkuh. Adam dan Rachael putus. Sepanjang perjuangan Adam, Kyle mencoba untuk menjaga semangat Adam dengan tinggi, Kyle juga turut membantu Adam mencukur kepalanya sebelum kemoterapi dan Kyle mengajarkan pada Adam untuk menggunakan penyakitnya sebagai cara untuk mengambil hati perempuan.

Sementara itu, Adam mulai melakukan skeptis ke terapis muda dan yang belum mempunyai banyak pengalaman, Katherine McKay (Anna Kendrick), di rumah sakit. Meskipun hubungan dan sesi mereka memiliki awal yang berbatu, ia perlahan-lahan mulai membuka diri padanya tentang penyakit dan bagaimana hal itu mempengaruhi dia. Keduanya mengembangkan hubungan baik, baik di dalam maupun di luar sesi mereka. Dia membantu Adam memahami situasi ibunya juga. Selama perawatan kemoterapi, Adam juga berteman Alan (Aula) dan Mitch (Frewer), dua pasien kanker yang lebih tua yang juga menjalani kemoterapi.

Setelah Mitch tiba-tiba meninggal, ketakutan Adam menjadi lebih jelas setelah mendengar bahwa pengobatannya tidak bekerja dan bahwa ia perlu untuk melakukan operasi berisiko sebagai upaya terakhir. Malam sebelum operasi itu, Adam memiliki argumen dengan Kyle dan tuntutan untuk mengendarai mobil Kyle karena Kyle mabuk, meskipun Adam tidak memiliki SIM . Setelah hampir menyebabkan kecelakaan, Adam panik dengan ketakutannya dan mengkritik Kyle yang lebih mementing mencari Perempuan daripada dirinya yang memiliki penyakit serius. Ditengah kekalutan hatinya Adam menghubungi Katherine dan mengatakan kepadanya bahwa ia berharap dia punya pacar seperti dia, tetapi juga mengatakan dia lelah dan hanya ingin hal itu terjadi lebih. Malam itu, Adam tetap bersama Kyle dan menemukan sebuah buku tentang hidup kanker, buku itu penuh dengan catatan dan lipatan halaman, halitu membuktikan bahwa Kyle melakukan perawatan untuk Adam dan khawatir terhadapnya.

Keesokan harinya ketika Kyle mengantar Adam ke rumah sakit, Adam memeluk Kyle untuk menjadi teman baik dan meminta maaf atas apa yang dia katakan malam sebelumnya. Setelah Adam mengatakan apa yang bisa menjadi perpisahan terakhir kepada keluarganya, ia menjalani operasi nya. Setelah operasi, Kyle, Diane, dan Katherine diberitahu oleh dokter bahwa meskipun degradasi tulang lebih buruk daripada yang mereka pikir, tumor telah dihapus dengan sukses, dan bahwa Adam akan pulih.

Beberapa waktu kemudian, Adam bersiap-siap untuk kencan, dan Kyle mendorong dia dan membersihkan sayatan di punggung Adam dari operasi. Bel pintu berbunyi dan Adam membuka pintu, dan menyuruh Katherine masuk ke dalam. Setelah Kyle di suruh keluar, Katherine bertanya, "Sekarang apa?", Dan Adam hanya tersenyum.

Film rilis pada tangga 12 september 2011 ini berdurasi 100 menit menghabiskan badget 8 million dolar AS di sutradarai oleh Jonathan Levine ini begitu menyentuh. Drama yang mengagumkan ketika ada orang yang menderita penyakit ganas dengan persentase hidup 50:50, membuat yang menderita mengalami banyak hal yang harus di lakukannya. Walaupun kita sakit namun masih ada orang yang peduli dengan kita, terutama orang tua dan sahabat, serta pacar jika ia masih setia.

Share:

1 komentar