Percaya Pada 5 Centimeter di Depan Kening Kamu

Sumber : Google


IDENTITAS BUKU

Judul Buku           : 5 cm
Nama Pengarang  : Donny Dhirgantoro
Penerbit                : PT. Grasindo
Tahun Terbit         : 2007
Tebal Buku           : 381 halaman
Harga Buku          : Rp 60.000,00

Tak menyangka, akhirnya selesai juga membaca buku yang begitu menakjubkan yang menceritakan kisah perjalanan 6 anak muda, Genta, Arial, Riani, Zafran, Ian dan Dinda. Kisah persahabatan yang belum tentu ada di dunia nyata, ingin rasanya mempunyai sahabat-sahabat seperti yang diceritakan oleh Donny Dirgantaro dalam novel yang telah menjadi best seller ini, dan juga telah di dokumentasikan menjadi sebuah film. Yang menurut ane tidak kalah bagus dari novelnya.


Kisah ini berawal dari 5 kisah anak muda yang berteman dari SD hingga kuliah, setiap saat mereka selalu bersama, dengan berbgai tingkah khas anak muda. Karena kemana-mana selalu bersama, mereka berlima berencana untuk tidak bertemu selama 3 bulan, dan juga mereka hilang kontak selama 3 bulan tersebut, tanpa telpon maupun SMS. Apalagi Ian salah satu dari 5 sahabat ini yang belum menyelesaikan skripsinya, dan Ian kembali melakukan pedekate dengan Skripsinya yang sudah ditinggalakan sekian lama. Namun dengan berkat kerja kerasnya Ian dapat menyelesaikan Skripsinya dalam waktu 3 bulan tersebut. Di kisah Ian ini, satu dialog yang menurut ane sangat bagus, dialog antara Ian dan sang dosen.
Dosen: "Kamu sekolah berapa tahun ian??"
Ian : "6 Tahun pak"
Dosen : "Jadi, jika kamu menyelesaikan skripsi kamu dalam waktu 6 tahun, jadi otak kamu sama seperti anak SD"

Sebagai mahasiswa, di dialog tersebut ane merasa tersindir. Karena SD saja bisa selesai dalam waktu 6 tahun, namun kuliah harus ane selesaikan dalam waktu 4 tahun (Insyaallah).

Setelah 3 bulan tidak bertemu, mereka berkumpul lagi di tempat yang telah di tentukan oleh Genta. Merak berlima akan mendaki gunung Mahameru,Gunung tertinggi di pulau jawa. Namun salah satu dari mereka Arial mengajak saudara kembarnya Arinda. Namun Zafran begitu senang ketika Arinda ikut serta, karena selama ini Zafran begitu memuja sosok Dinda.

Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Dalam perjalanan tersebut mereka menemukan arti manusia sesungguhnya. Semuanya terkuak dalam sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.Sebuah petualangan pendakian yang sangat mengundang kekhawatiran. Perpisahan dan perjalanan yang mereka lewati ini ternyata telah membuat mereka menjadi manusia yang sesungguhnya, tidak hanya seonggok daging yang hanya bisa bicara, berjalan, dan punya nama. Perjalanan tersebut membawa mereka bukan hanya petualangan alam yang seru, tetapi juga petualangan mencari arti sebuah kehidupan ke gunung Mahameru. Di sepanjang perjalanan menuju Puncak Mahameru, banyak sekali hal-hal yang menakjubkan yang membuat mereka mengerti akan arti hidup.

Namun dialog lain yang bagus menurut ane ada dikalimat ini :
”…Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu. Dan…sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa…percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu”

Namun ending cerita yang tidak mudah ditebak, 17 Agustus di puncak Mahameru, 5 Sahabat dan 2 cinta. Ini merupakan buku yangwajib di baca oleh semua anak muda, bahasa yang digunakan pun.hampir kebanyakan bahasa yang digunakan oleh anak muda sehari-hari. Dan kisahnya pun merupakan kisah sehari-hari ketentang kebiasaan mahasiswa normal.

Share:

0 komentar