Jurinves (Jurnalistik Investigasi)

Hari sabtu tanggal 6 juni 2012, kampus tempat ku menuntut ilmu mengadakan kuliah umum yang di isi oleh bapak  Usman Kansong. yang bekeja di Media Grup. Sangat menarik Kuliah yang mengangkat tema “Peran Jurnalisme Investigasi dan Gerakan Anti Korupsi”. dalam pembahasanya Bpk Usman banyak bercerita tentang pengalamannya selama bekerja jadi wartawan. Jadi semakin menarik ketika beliau mengatakan “Kebebasan pers tidak selamanya mempengaruhi suatu tindakan korupsi,” tapi jika difikir-fikir benar jga sih heheehe

Namun data yang yang ditampilkan oleh beliau sangat mengejutkan, karena “Negara Indonesia adalah Negara terkorup dari 16 Negara se-Asia Pasifik yang dilansir Editorial Harian Media Indonesia, 12 Maret 2010,”(kapan Negara ku akan bebas darikorupsi ya??)

Yang manariknya lagi bpk Usman juga menjelaskan bagaimana cara kerja seorang Jurnalis investigasi. “Investigasi jurnalis itu berbeda dari investigasi penegak hukum, karena dalam investigasi para penegak hukum itu hasilnya tidak di angkat ke publik sebab membutuhkan data-data internal,” tutur Usman.

Ada satu hal lucu ni yang membuat ketawa ketika pak Usman dalam penggunaan nama samaran, katanya wartawan kurang kreatif dalam memberikan nama samaran, masa Bunga terus yang dijadikan nama samarannya. Dan dia juga bercerita tentang kawan kantor nya yang bernama Bunga Pertiwi mengeluh sama beliau. "Masa saya terus yang diperkosa" ujar bunga kepada Pak Usaman Kasong (heheeh)

Katanya lagi investigasi dapat dimulai dari hal-hal kecil, jangan fikirkan hal-hal yang besar seperti korupsi

Share:

0 komentar