Oops. Tahukah Kamu, Ternyata Luwak Menularkan Rabies

Foto: Google Image
Luwak adalah hewan liar sejenis musang yang hidup secara liar di lingkungan manusia. Luwak termasuk kedalam jenis binatang mamalia atau hewan yang menyusui. Luwak termasuk suku musang atau garangan (Viverridae). Nama ilmiah Luwak adalah PARADOXURUS HERMAPHODITUS.

Luwak juga terkenal dengan minuman kopi. Kopi Luwak merupakan salah satu kopi termahal di dunia. Harga secangkir kopi luwak bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Dengan dahsyatnya harga kopi luwak, tidak sedikit penduduk Indonesia melakukan penangkaran luwak. Kopi Luwak merupakan kopi yang berasal dari eeknya luwak.



Namun tahukah Anda? Ternyata luwak juga bisa menularkan penyakit rabies. Rabies merupakan penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit rabies bersifat zoonotik yaitu penyakit yang disebabkan ditulari oleh hewan ke manusia.

Biasanya penyakit rabies ditularkan oleh gigitan anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. Naman tahukah Anda ternyata luwak juga bisa menularkan penyakit rabies. Bahkan menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Veteriner Dinas Perternakan Provinsi Lampung, Arsyad mengatakan "penularan rabies oleh luwak termasuk yang sangat berbahaya".

Namun, meskipun memiliki virus rabies yang sangat berbahaya, sosialisasi tentang rabies yang dapat ditularkan oleh luwak belum disosialisasikan kepada masyarakat yang melakukan penangkaran luwak. Menurut Gunawan yang salah satu pengusaha penangkaran luwak mengatakan "setahu saya, penyakit rabies itu hanya ditularkan dari anjing saja, tidak pada hewan lainnya apalagi luwak" tuturnya.

Share:

0 komentar